Susu Kambing VS Susu Sapi, Mana yang Terbaik?

Susu kambing VS susu sapi tahukah Anda siapa yang paling banyak pengkonsumsinya? Faktanya lebih dari 65% dari populasi di dunia mengkonsumsi susu kambing.

Kemudian apa keunggulan susu kambing dibandingkan susu sapi?Simak informasi mengenai susu kambing VS susu sapi berikut ini sebagai referensi kesehatan keluarga!

Sekilas Mengenai Susu Kambing Etawa

Kambing etawa diperkenalkan di Indonesia oleh bangsa belanda pada tahun 1930-an. Jenis kambing tersebut adalah persilangan antara kambing Jamnapari dari India dengan kambing lokal. kandungan susu kambing etawa lebih sedikit molekul laktosa.

Apa itu Intoleransi laktosa? gangguan pada pencernaan dengan gejala perut kembung serta diikuti diare.

Jika dibandingkan dengan susu sapi, susu kambing juga lebih mudah dicerna sehingga nutrisi yang terkandung di dalamnya lebih mudah diserap tubuh.

Selain hadir dalam bentuk susu bubuk dan susu segar, susu kambing juga diproses menjadi keju, smoothie, kue, dan aneka hidangan penutup.

Beberapa brand skincare juga memilih susu kambing sebagai bahan baku pembuatan sabun pencuci wajah, lotion, serta krim wajah.

Sementara itu inilah perbandingan data komposisi gizi antara susu kambing dengan susu sapi dipublikasikan oleh LPPM Institut Pertanian Bogor https://lppm.ipb.ac.id/ :

KomponenSapiKambing
Protein (g)3.33.3
kasein (g)2.82.5
Laktalbumin (g)0.40.4
Lemak (g)3.74.1
Laktosa (g)4.84.7
Nilai-Kalori (Kcal)6976
Mineral (g)0.720.77
Kalsium (mg)125130
Fosfor (mg)103159
Mg (mg)1216
K (mg)138181
Na (mg)5841
Fe (mg)0.100.05
Cu (mg)0.030.04
I (mg)0.0070.021
Mn (mg)28
Zn (mg)0.530.38
Vitamin:sapikambing
Vitamin A (I.U.)158120
Vitamin D (I.U.)2.02.3
Thiamine (mg)0.040.05
Riboflavin (mg)0.180.12
Nicotinic Acid (mg)0.080.20
Pantothenic Acid (mg)0.200.35
Vitamin B6 (mg)0.0010.035
Folic Acid (mcg)2.00.2
Biotin (mcg)2.01.5
Vitamin B12 (mcg)0.500.02
Vitamin C (mg)2.02.0

Perbandingan Antara Susu Kambing Etawa Dengan Susu Sapi Dari Segi Nutrisi

Secara umum sebagian besar kandungan susu adalah air, yaitu mencapai 87%, lalu sisanya adalah bahan-bahan lain. Ini antara lain lemak, protein, karbohidrat, mineral, beberapa jenis vitamin, dan lain-lain.

Dari segi perbandingan nutrisinya, berikut ini alasan mengapa susu kambing lebih baik daripada susu sapi:

Lemak

Perbandingan Antara Susu Kambing Etawa Dengan Susu Sapi Dari Segi Nutrisi Lemak

Kandungan lemak total dalam susu kambing memang lebih tinggi dibandingkan susu sapi, namun memiliki karakter MCT (medium-chain triglycerides) yang lebih tinggi. Sedangkan MCT atau trigliserida rantai menengah diketahui mempunyai beberapa manfaat kesehatan.

Salah satunya mampu mematikan mikroorganisme penyebab penyakit dengan merusak dinding selnya secara efektif.

Ukuran molekul lemak susu kambing masih lebih kecil dibandingkan susu sapi dan ini meningkatkan daya cerna. Akhirnya enzim pencernaan dalam tubuh dapat melakukan pemrosesan dalam waktu lebih singkat dan mengubahnya menjadi energi.

Oleh karena itu Anda menjadi lebih bertenaga dengan konsumsi susu kambing.

Protein

Perbandingan Antara Susu Kambing Etawa Dengan Susu Sapi Dari Segi Nutrisi Protein

Persamaan antara susu sapi dan susu kambing salah satunya adalah pada jumlah kandungan proteinnya yang memang setara. Meski demikian  Susu kambing mengandung asam amino esensial yang lebih tinggi.

Senyawa organik ini faktanya bermanfaat untuk menunjang tumbuh kembang anak, meningkatkan imunitas tubuh, serta mendukung perkembangan otot.

Kandungan protein dalam susu kambing etawa juga lebih minim memicu alergi. Ini karena struktur proteinnya yang berbeda dengan susu sapi.

Protein susu sapi secara umum berdampak pada melambatnya daya cerna, menjadi penyebab alergi serta membentuk lapisan dadih pekat pada permukaan susu.

Karbohidrat

Perbandingan Antara Susu Kambing Etawa Dengan Susu Sapi Dari Segi Nutrisi Karbohidrat

Jumlah karbohidrat pada susu kambing lebih sedikit dibandingkan susu sapi. Dalam hal ini diduga berkaitan dengan kandungan laktosa yang lebih sedikit.

Karena itu susu kambing bisa menjadi alternatif bahan pangan kaya kalsium untuk mereka yang mengalami intoleransi laktosa.

Vitamin

Satu lagi kesamaan antara susu sapi dengan kambing yaitu pada kandungan vitaminnya yang bisa dibilang setara. Meski demikian susu kambing memasok lebih banyak vitamin B3 dan B6, namun lebih sedikit asam folat.

Sama seperti susu sapi pabrikan, produk susu kambing yang dipasarkan secara komersial juga telah diberikan tambahan vitamin D.

Mineral

Susu kambing mempunyai kadar kalsium, fosfor, potasium, zat besi, magnesium, serta selenium yang lebih tinggi daripada susu sapi. Secara umum fungsi mineral bagi tubuh sangat beragam. 

Ini antara lain menjaga kesehatan dan kepadatan tulang dan gigi, menunjang kinerja syaraf, dan otot, serta selain itu berperan untuk mengaktifkan enzim tubuh.

Rekomendasi Susu Kambing Etawa Terbaik Untuk Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh

Setelah mencermati ulasan di atas mungkin kemudian Anda tertarik untuk mengkonsumsi susu kambing sebagai bagian dari menu harian. Sebelumnya Anda perlu memastikan hanya memilih produk susu kambing Etawa berkualitas, Supergoat yang dipadukan dengan gula aren murni.

Selain membuat citarasa susu menjadi lebih gurih dan nikmat, kadar glikemik gula aren juga lebih rendah daripada gula pasir.

Artinya susu kambing Supergoat memang aman dikonsumsi penderita diabetes. Jika dibandingkan dengan mereka susu kambing etawa lainnya, Anda mungkin penasaran mengapa harus pilih Supergoat.

Pertama, Supergoat telah bersertifikat BPOM sehingga terjamin keamanannya bagi kesehatan. Susu kambing Supergoat juga telah mengantongi sertifikat halal MUI, jadi tidak perlu merasa was-was akan status kehalalannya.

Etta Indonesia sebagai produsen Supergoat bahkan telah berpengalaman lebih dari 1 dekade dalam pengolahan produk susu kambing berkualitas. Supergoat 100% menggunakan bahan alami, sehingga banyak manfaat yang akan Anda rasakan.

Khasiat Supergoat

  • Menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes
  • Membantu meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh
  • Menunjang proses detoksifikasi tubuh
  • Menstabilkan kadar kolesterol dalam darah
  • menjaga kesehatan jantung serta pembuluh darah
  • Melancarkan sistem pencernakan
  • Meningkatkan kecerdasaran otak anak
  • Mendukung pertumbuhan tulang dan gigi pada anak
  • Baik dikonsumsi baik oleh bumil dan busui
  • Membantu meningkatkan vitalitas
  • Menunjang promil

Tidak berlebihan jika susu kambing disebut sebagai salah satu superfood yang melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh.

Selain bernilai gizi lebih tinggi dibandingkan susu sapi, susu kambing juga lebih minim resiko alergi termasuk intoleransi laktosa. Dengan informasi susu kambing VS susu sapi ini tentunya tidak perlu ragu lagi untuk mulai mengkonsumsi susu kambing, bukan?

Leave a Comment