20 Manfaat Susu Kambing Etawa Supergoat Untuk Kesehatan

Saat ini semakin banyak orang yang menyadari 20 manfaat luar biasa dari susu kambing etawa atau yang juga dikenal sebagai Susu Etawa terhadap kesehatan. Selain itu, manfaat dan khasiat susu ini dapat dirasakan oleh berbagai kalangan usia untuk berbagai tujuan kesehatan.

Berdasarkan berbagai penelitian, susu etawa memiliki khasiat yang tinggi dalam menjaga kesehatan tubuh serta mencegah berbagai penyakit. Menurut dokter, susu kambing etawa dapat mencegah lebih dari 20 jenis penyakit secara keseluruhan.

Hal ini disebabkan oleh kandungan nutrisi yang lengkap dalam susu kambing etawa, baik nutrisi makro maupun mikro. Terdapat lebih dari 50 jenis nutrisi yang terdiri dari 13 asam lemak, 17 asam amino, 11 vitamin, dan 11 mineral.

Untuk lebih memahami khasiat susu kambing etawa, kita perlu mengetahui jenis kambing yang memiliki jumlah air susu yang melimpah terlebih dahulu:

Kambing-Kambing yang Dikenal Kaya Akan Kandungan Air Susu

Di Indonesia, kambing merupakan salah satu hewan ternak yang dibudidayakan paling banyak setelah sapi. Keduanya umumnya dimanfaatkan untuk daging dan susunya.

Selain dagingnya yang dapat diolah menjadi kuliner yang lezat dan sehat, ternyata susu dari hewan kambing juga memiliki rasa yang tidak kalah enaknya. Namun, tidak semua jenis kambing dapat menghasilkan susu yang layak konsumsi, hanya jenis kambing tertentu saja. Penasaran jenis kambing apa yang dimaksud? Yuk, simak penjelasannya!

1. Kambing Kacang

20 manfaat susu kambing etawa

Jenis kambing yang dinamakan kambing kacang memang cocok dengan namanya karena ukurannya yang lebih kecil daripada jenis kambing lainnya.

Di Indonesia, kambing kacang cukup banyak dibudidayakan karena faktor kelebihannya dalam ketahanan terhadap penyakit dan virus serta kemudahan dalam perawatannya.

Meskipun mampu menghasilkan banyak susu, kambing kacang hanya dimanfaatkan untuk dagingnya seperti untuk kegiatan kurban, aqiqah, dan diolah menjadi masakan seperti sate, gulai, dan lainnya.

2. Kambing Saanen

20 manfaat susu kambing etawa

Salah satu jenis kambing yang bisa dibudidayakan untuk diambil susunya adalah kambing Saanen. Kambing ini berasal dari Swiss dan dikenal sebagai penghasil susu yang handal. Saat masa laktasi, kambing Saanen bisa memproduksi susu hingga 740kg.

Namun, kambing Saanen sulit beradaptasi dengan iklim tropis di Indonesia. Oleh karena itu, para peternak melakukan kawin silang dengan kambing lokal untuk memudahkan pembudidayanya.

3. Kambing Etawa

20 manfaat susu kambing etawa

Kambing Etawa adalah jenis kambing terakhir yang dapat dibudidayakan dan dimanfaatkan susunya. Kambing ini merupakan hasil persilangan antara kambing lokal Indonesia dan kambing jamnapari dari India.

Dengan ukuran badan yang cukup besar atau bongsor, kambing etawa jantan dapat mencapai berat hingga 120 kg lebih, sedangkan untuk kambing betina kurang lebih dapat mencapai bobot 90 kg. Kambing etawa merupakan jenis kambing yang paling banyak dibudidayakan untuk diambil susunya, dengan produksi susu yang dapat mencapai 2-3 liter per hari.

Sekarang sudah banyak beredar produk olahan susu kambing etawa dengan berbagai varian rasa di pasaran, yang tentunya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah susu kambing etawa dari Supergoat.

Selanjutnya, kami akan membahas 20 manfaat dari susu kambing etawa Supergoat.

20 Manfaat Susu Kambing Etawa Supergoat

Agar bisa lebih memahami manfaat susu kambing, simaklah 20 ulasan khasiat Susu Etawa di bawah ini.

1. Susu Kambing Dapat Menyehatkan Pencernaan

20 manfaat susu kambing etawa

Kesehatan pencernaan merupakan salah satu kunci penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dengan memiliki saluran pencernaan yang sehat, kita dapat mencegah masuknya penyakit serta menjaga kebugaran tubuh.

Susu Etawa, yang mengandung prebiotik alami, sangat membantu dalam menjaga flora normal pada usus. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh British Journal of Nutrition mengungkap bahwa terdapat 14 jenis oligosakarida dalam susu Etawa yang dapat mengembangkan bakteri baik dan mencegah bakteri jahat penyebab penyakit.

Karena efeknya yang mampu menyehatkan pencernaan dan mencegah infeksi pada saluran cerna, maka susu Etawa dapat menjadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan kita.

2. Susu Kambing Membantu Tubuh Menyerap Nutrisi

20 manfaat susu kambing etawa

Susu Etawa tidak hanya membantu meningkatkan sistem pertahanan saluran pencernaan, tetapi juga dapat meningkatkan penyerapan mineral dan nutrisi lain oleh tubuh.

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa tubuh lebih mudah menyerap mineral seperti kalsium, besi, fosfor, dan lainnya yang terkandung dalam susu etawa. Tingkat penyerapan mineral tersebut bahkan 30% lebih tinggi daripada susu sapi dan 50% lebih tinggi dari sumber mineral lainnya.

perbandingan nutrisi susu kambing dan susu sapi

Hal ini menjadikan susu Etawa sebagai opsi utama dalam mengatasi kekurangan nutrisi dan meningkatkan kemampuan penyerapan nutrisi oleh tubuh.

3. Susu Kambing Mengatasi Asam Lambung, Maag dan GERD

20 manfaat susu kambing etawa

Polapangan makan yang kurang sehat dapat menyebabkan terjadinya masalah maag dan tukak lambung. Kondisi tersebut dapat menyebabkan rasa sakit pada ulu hati karena asam lambung yang naik atau luka pada lambung (tukak).

Namun, kandungan antiinflamasi pada Susu Etawa dapat membantu meredakan nyeri akibat maag dan mengurangi efek dari asam lambung yang naik. Selain itu, tingkat pengosongan lambung yang lebih cepat juga dapat mengurangi waktu kontak antara asam lambung dengan permukaan saluran pencernaan.

Kombinasi dari efek-efek tersebut membuat Susu Etawa menjadi salah satu alternatif alami untuk mengatasi masalah maag dan refluks gastroesofagus (asam naik).

4. Susu Kambing Melawan Infeksi Virus dan Bakteri

20 manfaat susu kambing etawa

Selama hidup manusia, infeksi virus, bakteri, dan jamur selalu menjadi ancaman kesehatan. Infeksi yang disebabkan oleh kuman ini bisa bersifat ringan, seperti hanya mengganggu penampilan, atau parah hingga berakibat fatal.

Namun, terdapat kabar baik bahwa berbagai penelitian menunjukkan bahwa susu kambing etawa memiliki aktivitas antivirus dan antimikroba. Studi terbaru yang diterbitkan oleh Clinical Nutrition Open Science melaporkan bahwa susu kambing etawa dapat menghambat replikasi pseudo virus SARS Cov 02 atau Covid-19 (Corona). Efek ini berasal dari fraksi protein susu pada susu etawa.

Karena itu, mengonsumsi susu kambing etawa secara rutin dapat membantu tubuh melawan infeksi virus, bakteri, dan jamur.

5. Susu kambing Mengatasi Penyakit Pernapasan

20 manfaat susu kambing etawa

Saluran napas adalah salah satu bagian tubuh yang mudah terinfeksi karena rentan terhadap kontak langsung dengan udara dan darah dari luar. Meskipun sistem pernapasan memiliki perlindungan yang terdiri dari rambut halus, mukosa, dan lendir, namun ancaman penyakit tetap ada.

Susu Etawa memiliki kandungan antibakteri dan antivirus yang dapat mencegah infeksi pada saluran napas. Selain itu, khasiat susu Etawa juga dapat merangsang pembentukan antibodi yang melawan infeksi kuman pada saluran napas.

Tak hanya itu, susu Etawa juga mengandung anti inflamasi spesifik IgE yang dapat mencegah asma dan reaksi hipersensitivitas. Dengan kata lain, susu Etawa yang memiliki 17 manfaat dapat menekan respon alergi tanpa mengurangi kekuatan sistem kekebalan tubuh.

6. Manfaat Susu Kambing Etawa : Memperkuat Sistem Imun Tubuh

20 manfaat susu kambing etawa

Susu Etawa memiliki banyak kandungan yang dapat memperkuat sistem imun tubuh seperti oligosakarida, peptida, dan CLA (Conjugated Linoleic Acid). Oleh karena itu, susu Etawa sering disebut sebagai nenek moyang obat karena manfaatnya yang luar biasa dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain memiliki kandungan antivirus dan antimikroba yang tinggi, susu Etawa juga dapat meningkatkan produksi antibodi Ig A, Ig G, dan Ig M.

Hal ini menjadikan susu Etawa sangat efektif dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan sehingga tubuh berada dalam kondisi optimal.

7. Menyehatkan Jantung dan Pembuluh Darah

20 manfaat susu kambing etawa

Jantung dan pembuluh darah merupakan organ vital yang memiliki peran penting dalam kelangsungan hidup manusia. Keduanya berfungsi untuk mengalirkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah sangat penting untuk mempertahankan kesehatan tubuh.

Menurut para dokter, susu Etawa memiliki khasiat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh sehingga baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Selain itu, kandungan kalsium dan kalium yang terdapat dalam susu Etawa juga bermanfaat untuk menjaga kinerja jantung agar tetap stabil.

Dengan demikian, rutin mengonsumsi susu Etawa dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

8. Menjaga Kesehatan Otak dan Psikis

20 manfaat susu kambing etawa

Otak adalah organ penting yang memainkan peran besar baik secara biologis maupun psikis. Secara biologis, otak bertanggung jawab untuk memproses rangsangan dan mengontrol aktivitas motorik tubuh.

Sementara dari segi psikologis, otak adalah tempat koordinasi dan pengolahan kognitif yang mempengaruhi kecerdasan dan kesehatan mental.

Susu Etawa dapat membantu menjaga kesehatan otak baik secara biologis maupun psikologis. Secara biologis, manfaat susu Etawa adalah meningkatkan aliran darah ke otak, meningkatkan oksigen dan nutrisi, serta mencegah stroke.

Sedangkan dari segi psikologis, kandungan triptofan di dalam susu Etawa dapat membantu memproduksi hormon melatonin (hormon relaksasi) yang membantu otak merasa rileks dan mencegah stres.

Maka dari itu, rajin mengonsumsi susu Etawa sangat penting untuk menjaga kesehatan otak dan kesehatan mental.

9. Manfaat Susu Kambing Etawa : Menguatkan Tulang dan Gigi

Kandungan kalsium dalam Susu Etawa sangat tinggi dan tingkat penyerapannya bahkan lebih baik dibandingkan dengan susu sapi. Oleh karena itu, susu ini merupakan sumber terbaik untuk memperkuat tulang dan gigi.

Beberapa kelompok yang membutuhkan kalsium dalam jumlah tinggi, antara lain:

  1. Ibu hamil untuk membantu pembentukan organ janin;
  2. Anak-anak untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan gigi;
  3. Remaja untuk mendukung pertumbuhan tubuh yang optimal;
  4. Dewasa dan lanjut usia untuk mencegah terjadinya keropos tulang.

Dengan kata lain, mengonsumsi Susu Etawa secara rutin sangat penting bagi semua kelompok usia untuk memperkuat tulang dan gigi.

10. Mencukupi Nutrisi Ibu Hamil dan Janin

Ibu yang sedang hamil membutuhkan nutrisi tambahan untuk dirinya dan janin yang dikandungnya. Oleh karena itu, kebutuhan nutrisi ibu hamil harus meningkat baik dari segi kalori maupun nutrisi mikro.

Salah satu sumber terbaik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tambahan ini adalah susu Etawa. Susu ini mengandung protein dan kalsium tinggi yang sangat penting untuk pembentukan organ janin. Selain itu, protein dan kalsium yang terdapat di dalam susu Etawa dapat diserap lebih mudah dibandingkan dengan sumber nutrisi lainnya, bahkan termasuk pil multivitamin.

Untuk ibu hamil, disarankan untuk mengonsumsi 1 gelas susu Etawa setiap harinya di trimester pertama dan 2 gelas di trimester kedua dan ketiga.

11. Meningkatkan Produksi ASI Ibu Menyusui

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi yang sehat, ibu menyusui perlu menjaga agar produksi ASI tetap stabil. Sayangnya, beberapa kondisi seperti malnutrisi dapat mempengaruhi produksi ASI.

Namun, solusi yang baik dan enak untuk meningkatkan produksi ASI adalah dengan rutin mengonsumsi susu kambing. Susu Etawa mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan produksi ASI. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Indonesian Journal of Medicine menunjukkan adanya peningkatan rata-rata produksi ASI hingga 30%.

Selain itu, susu kambing Etawa memiliki komposisi nutrisi yang mirip dengan ASI. Sebanyak 5 dari 14 jenis oligosakarida yang terdapat pada susu Etawa memiliki kesamaan dengan yang terdapat dalam ASI ibu.

12. Meningkatkan Kecerdasan Anak

Tingkat kecerdasan anak dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti nutrisi, pengasuhan, dan pendidikan.

Namun, salah satu fakta yang jelas adalah konsumsi susu kambing Etawa dapat memberikan pengaruh besar dalam meningkatkan kecerdasan dan kemampuan belajar anak.

Susu kambing Etawa mengandung energi penting yang dibutuhkan dalam proses belajar serta nutrisi penting seperti vitamin B2, B3, dan fosfolipid yang mendukung perkembangan sel otak dan jaringan saraf.

Dengan energi yang cukup dan nutrisi otak yang terkandung dalam susu kambing Etawa, maka anak memiliki modal dasar yang penting untuk belajar. Selanjutnya, pendidikan yang optimal dapat membantu meningkatkan kecerdasan anak.

13. Manfaat Susu Kambing Etawa : Membantu Membentuk Otot

Bagi Anda yang tengah berusaha menurunkan berat badan dan memperbaiki postur tubuh, susu kambing dapat menjadi solusi yang membantu meraih tubuh ideal yang diinginkan.

Susu kambing mengandung protein tinggi yang penting bagi pertumbuhan dan pembentukan otot. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral di dalamnya membantu mempercepat metabolisme lemak dalam tubuh.

Secara sederhana, konsumsi susu kambing dapat membantu memudahkan proses diet dan mencapai tujuan untuk memiliki tubuh ideal.

14. Mencegah dan Mengatasi Diabetes

Diabetes tipe-2 yang disebabkan oleh resistensi insulin adalah penyakit tidak menular yang menjadi pandemi global karena pola makan yang buruk. Dampaknya, tubuh kesulitan mengolah glukosa yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Susu kambing Etawa memiliki manfaat yang luar biasa dalam meningkatkan toleransi glukosa dan mengurangi komposisi lemak tubuh secara signifikan. Selain itu, khasiat dari susu kambing ini juga dapat mencegah terjadinya perlemakan hati (hepatic steatosis) dan efek degeneratif lainnya.

Hal ini menjadikan susu kambing Etawa sebagai salah satu terapi non-obat yang terbaik untuk mencegah dan mengatasi diabetes. Khasiat ini juga dapat lebih meningkat pada susu kambing Etawa dengan gula aren seperti Supergoat. Pasalnya, gula aren memiliki indeks glikemik yang rendah dan tinggi akan kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk mengatasi diabetes dan penyakit degeneratif lainnya.

15. Mencegah Kanker dan Penyakit Degeneratif

Paparan radikal bebas merupakan penyebab utama kanker dan berbagai penyakit degeneratif lainnya. Radikal bebas dapat mengakibatkan perubahan struktur DNA atau mutasi dan mengganggu fungsi sel tubuh.

Namun, Susu Kambing Etawa memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga sangat baik dalam mencegah terjadinya kanker dan penyakit degeneratif lainnya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa susu kambing memiliki aktivitas anti kanker yang berasal dari oligosakarida, peptida, dan komponen bioaktif lainnya yang terdapat di dalam susu kambing.

16. Membuat Kulit Lebih Lembut, Sehat, dan Cerah

kulit cerah

Tidak hanya untuk dikonsumsi, penggunaan susu kambing Etawa juga bermanfaat bagi kesehatan kulit. Kandungan lactic acid di dalamnya mampu melembabkan dan melembutkan kulit, sedangkan niasin membantu mencerahkan kulit.

Tak banyak yang tahu, susu kambing Etawa juga mengandung anti-inflamasi yang mampu mengatasi masalah kulit kering dan gatal seperti eksim dan psoriasis.

Secara keseluruhan, susu kambing Etawa memberikan efek perawatan kulit yang sempurna untuk mengatasi berbagai masalah kulit.

17. Mengatasi Masalah Seksual dan Kesuburan

Beberapa faktor dapat menjadi penyebab masalah seksual dan kesuburan pada laki-laki maupun perempuan, di antaranya adalah:

  1. Malnutrisi dan kondisi psikologis yang berdampak pada hormon reproduksi,
  2. Radikal bebas yang dapat mengurangi kesuburan sperma dan sel telur.

Solusinya adalah dengan memperbaiki nutrisi dan kondisi psikologis, serta mengurangi efek paparan radikal bebas.

Susu kambing Etawa mengandung nutrisi yang baik untuk organ reproduksi seperti protein, zinc, dan kolesterol baik sebagai prekursor hormon seksual. Selain itu, kandungan antioksidan tinggi dalam susu kambing juga berperan penting dalam menjaga sel telur dan sperma tetap dalam kondisi terbaik.

Tidak hanya itu, kalori dan prekursor hormon santai dalam susu kambing Etawa dapat membantu menjaga gairah di atas ranjang.

Dengan kata lain, secara keseluruhan, kandungan nutrisi susu kambing Etawa dapat membantu meningkatkan kesehatan seksual dan kesuburan.

18. Manfaat Susu Kambing Etawa : Mengatasi Saraf Kejepit

Tidak kalah hebatnya, Susu Kambing Etawa bisa membantu mengatasi gangguan syaraf kejepit. Kandungan zinc dan magnesium pada susu ini berperan penting dalam memperkuat sistem saraf pada tubuh dan dapat membantu mencegah penyakit yang berhubungan dengan sistem saraf.

Jika Anda mengalami gangguan syaraf kejepit, disarankan untuk mencoba minuman ini sebagai alternatif alami untuk memperbaiki sistem saraf Anda.

19. Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur

Jika Anda mengalami gangguan tidur atau insomnia di malam hari, sebaiknya waspada karena kondisi tersebut dapat berdampak buruk pada kesehatan Anda.

Insomnia yang tidak segera diatasi dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan darah tinggi serta penyakit jantung yang berpotensi menyebabkan stroke.

Meskipun obat-obatan dapat mengatasi insomnia, namun umumnya obat-obatan memiliki dampak buruk pada tubuh jika dikonsumsi terlalu sering atau terlalu berlebihan, seperti gagal ginjal.

Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa susu kambing Etawa mengandung senyawa alami yang disebut triptofan.

Senyawa ini dapat membantu tubuh untuk memproduksi hormon serotonin yang berfungsi mengatur suasana hati dan mood.

Selain itu, triptofan juga merangsang bagian otak dalam mengendalikan waktu tidur dan bangun. Oleh karena itu, mengkonsumsi susu kambing Etawa dapat membantu mengatasi insomnia secara alami.

20. Mencegah dan Menurunkan Kolesterol

Meskipun tubuh membutuhkan kolesterol, namun kadar yang berlebihan dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan Anda. Beberapa ciri-ciri seperti kesemutan, pegal di tengkuk, nyeri pada kaki, dan mudah merasa lelah harus diwaspadai karena bisa jadi merupakan tanda-tanda bahwa Anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi.

Sayangnya, sebagian orang menganggap enteng hal ini, padahal kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit yang serius seperti darah tinggi, diabetes, gagal ginjal, serangan jantung, dan stroke.

Beruntunglah Anda, karena Anda sedang membaca artikel yang tepat untuk mengetahui cara mengatasi kadar kolesterol tinggi dalam darah dengan mudah, yaitu dengan mengkonsumsi susu kambing Etawa.

Susu kambing Etawa aman dan baik untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi, karena mengandung asam lemak (linoleat) yang dapat menurunkan kadar kolesterol secara total dan trigliserida di dalam darah.

Alasan Susu Kambing Etawa Supergoat Paling Bagus Diantaranya

Untuk menghasilkan susu kambing yang banyak dan berkualitas, kambing harus diberikan makanan organik yang semakin banyak semakin baik. Berbeda dengan susu sapi yang memerlukan suntikan hormon untuk memproduksi banyak susu.

Supergoat menggunakan teknologi tinggi dan susu kambing etawa berkualitas terbaik dari peternakan organik untuk memastikan manfaat susu kambing etawa yang 100% terjaga.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Supergoat adalah pilihan yang tepat untuk keluarga Indonesia:

1. Memiliki legalitas Halal, BPOM, HACCP dan GMP

Susu Kambing Etawa Supergoat sangat mengutamakan kualitas produk mulai dari proses pra-produksi hingga proses produksi yang menghasilkan produk siap konsumsi.

Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan standar dan mutu produk Supergoat agar Anda dapat merasakan manfaatnya secara maksimal.

Supergoat telah mendapatkan sertifikasi Halal dari MUI dan izin BPOM, serta bersertifikasi HACCP dan GMP sehingga aman dan halal untuk dikonsumsi, dan semakin meningkatkan mutu dan kualitas produk Supergoat.

2. Garansi 100% Uang Kembali

Garansi Supergoat adalah bukti nyata bahwa Supergoat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Setelah mengonsumsi Supergoat, tubuh akan terasa lebih segar dan energik, serta terjadi proses detoksifikasi (penyucian tubuh) yang terlihat dari keluarnya kotoran (mencret).

Namun, jika terjadi kesembuhan setelah mengonsumsi Supergoat, itu adalah karena kehendak Allah. Banyak orang yang telah merasakan manfaat Supergoat melalui berbagai testimoni.

Jika Anda memiliki keluhan kesehatan atau sedang menjalani program kehamilan, Anda dapat mencoba Supergoat dengan aman tanpa efek samping.

Reaksi alami setelah mengonsumsi Supergoat sama seperti membersihkan saluran parit, di mana terlebih dahulu terjadi kekeruhan dan kemudian parit akan menjadi jernih seperti yang diharapkan.

3. Mengandung Nutrisi yang Lengkap Untuk Tubuh

Supergoat adalah produk susu kambing etawa yang dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi dan membantu mengatasi berbagai keluhan penyakit.

Berbagai nutrisi dan gizi yang baik untuk tubuh dan berdampak positif pada kesehatan dapat ditemukan dalam susu ini jika dikonsumsi secara rutin.

Salah satu kandungan nutrisi penting pada susu kambing adalah kalium yang berfungsi untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Dengan tekanan darah yang stabil, kerja jantung akan semakin ringan dan terjaga dengan baik.

Dengan begitu, kita dapat terhindar dari risiko terkena penyakit jantung.

4. Susu kambing mirip ASI

Susunan nutrisi dan struktur susu kambing sangatlah mirip dengan ASI, sehingga lebih mudah dicerna dan terserap oleh tubuh manusia, terutama bayi dan anak-anak, dan dapat digunakan sebagai pengganti ASI pada ibu yang tidak dapat menyusui.

Selain itu, kandungan riboflavin, vitamin B3, dan kalsium yang tinggi dalam susu kambing dapat membantu perkembangan sel-sel otak dan saraf pada anak dan meningkatkan kecerdasan otak mereka.

Susu kambing etawa Supergoat tidak hanya berperan dalam meningkatkan kecerdasan otak anak, tetapi juga dapat meningkatkan nafsu makan mereka.

Kandungan kalsium yang tinggi pada susu kambing juga baik untuk pembentukan tulang dan gigi yang kuat.

5. Praktis dan Higienis Lebih Sehat dan Enak

Susu kambing etawa Supergoat hadir dalam kemasan sachet yang praktis dan mudah dikonsumsi.

Cukup sediakan 150ml air hangat atau dingin, lalu tuangkan 1 sachet susu Supergoat ke dalam gelas, dan susu Supergoat siap dinikmati.

Dengan tambahan rasa gula aren, selain menambah kenikmatan, juga dapat menjaga manfaat susu agar lebih sehat. Hal ini lebih baik dibandingkan dengan penggunaan pemanis seperti gula putih yang dapat meningkatkan risiko diabetes.

Perbedaan Susu Kambing Etawa Supergoat vs Susu Sapi

Susu sapi memang lebih terkenal daripada susu kambing etawa di Indonesia. Namun, kenyataannya lebih dari 64% penduduk dunia mengonsumsi susu kambing.

Sekilas Mengenai Susu Kambing Etawa

Susu kambing memiliki kemampuan pencernaan yang lebih baik dibandingkan dengan susu sapi, sehingga nutrisi yang terkandung di dalamnya lebih mudah diserap oleh tubuh.

Selain tersedia dalam bentuk susu segar dan bubuk, susu kambing juga diproses menjadi keju, smoothie, kue, dan berbagai hidangan penutup.

Tak hanya itu, beberapa merek produk perawatan kulit juga menggunakan susu kambing sebagai bahan baku untuk pembuatan sabun pencuci wajah, lotion, dan krim wajah.

Berikut adalah perbandingan data komposisi gizi susu kambing dengan susu sapi yang dipublikasikan oleh LPPM Institut Pertanian Bogor https://lppm.ipb.ac.id/:

Perbandingan Susu Sapi dan Susu Kambing

Susu KambingSusu Sapi
Bersifat ALKALI, sama seperti ASIBersifat ASAM
Molekul lemaknya lebih halus (uk. 1/9x) dan dicerna usus dalam waktu 20menitSusu sapi dicerna dalam usus dalam waktu 2-3 jam
Kandungan gizi susu kambing lebih tinggi
Protein = 2,1x ;Kalsium = 2,2x ;Zat Besi = 2,0x ;Potasium = 2,1x ;Vitamin A = 3,8x ;Garam Galian = 2,0x
Kandungan gizi susu sapi lebih rendah
Kandungan selenium susu kambing paling tinggi dari semua jenis susuKandungan selenium rendah
Tidak mengandung protein kompleks (Alpha Casein dan Beta Casein Protein), penyebab utama alergi.Mengandung (Alpha Casein dan Beta Casein Protein)
Kolostrum/IgG susu kambing 99,9% lebih tinggiKolostrum/IgG susu sapi hanya 20%

Perbandingan Nutrisi Antara Susu Kambing Etawa dan Susu Sapi

Pada umumnya, sebagian besar kandungan susu terdiri dari air, yaitu sekitar 87%, sedangkan sisanya terdiri dari berbagai bahan lain seperti lemak, protein, karbohidrat, mineral, beberapa jenis vitamin, dan lainnya.

Namun, jika dibandingkan dari segi nutrisi, susu kambing terbukti lebih unggul dibandingkan susu sapi. Berikut adalah beberapa alasan mengapa susu kambing lebih baik, antara lain:

Lemak

Perbandingan Antara Susu Kambing Etawa Dengan Susu Sapi Dari Segi Nutrisi Lemak

Meskipun kandungan lemak total dalam susu kambing lebih tinggi daripada susu sapi, namun kandungan MCT (medium-chain triglycerides) pada susu kambing lebih tinggi.

MCT atau trigliserida rantai menengah diketahui memiliki beberapa manfaat kesehatan, salah satunya adalah kemampuannya untuk mematikan mikroorganisme penyebab penyakit dengan merusak dinding selnya secara efektif.

Ukuran molekul lemak pada susu kambing juga lebih kecil dibandingkan dengan susu sapi, sehingga dapat meningkatkan daya cerna. Enzim pencernaan dalam tubuh dapat melakukan pemrosesan dalam waktu lebih singkat dan mengubahnya menjadi energi.

Akibatnya, konsumsi susu kambing dapat meningkatkan energi Anda.

Protein

Perbandingan Antara Susu Kambing Etawa Dengan Susu Sapi Dari Segi Nutrisi Protein

Meskipun jumlah kandungan proteinnya setara, terdapat perbedaan antara susu sapi dan susu kambing.

Susu kambing memiliki kandungan asam amino esensial yang lebih tinggi, senyawa organik yang bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang anak, meningkatkan imunitas tubuh, serta perkembangan otot.

Selain itu, kandungan protein dalam susu kambing etawa juga lebih minim memicu alergi. Hal ini dikarenakan struktur protein yang berbeda dengan susu sapi.

Protein dalam susu sapi dapat melambatkan daya cerna, menyebabkan alergi, dan membentuk lapisan dadih pekat pada permukaan susu.

Karbohidrat

Perbandingan Antara Susu Kambing Etawa Dengan Susu Sapi Dari Segi Nutrisi Karbohidrat

Susu kambing memiliki jumlah karbohidrat yang lebih rendah dibandingkan susu sapi, hal ini disebabkan oleh kandungan laktosa yang lebih sedikit.

Oleh karena itu, susu kambing dapat menjadi alternatif makanan yang kaya kalsium bagi orang yang mengalami intoleransi laktosa.

Vitamin

Sama seperti susu sapi, susu kambing juga memiliki kesamaan dalam kandungan vitaminnya yang bisa dianggap setara. Walaupun begitu, susu kambing mengandung lebih banyak vitamin B3 dan B6, namun lebih sedikit asam folat.

Seperti halnya susu sapi yang diproduksi secara massal, produk susu kambing yang dijual secara komersial juga diperkaya dengan tambahan vitamin D.

Mineral

Kandungan mineral pada susu kambing, seperti kalsium, fosfor, potasium, zat besi, magnesium, dan selenium, ternyata lebih tinggi dibandingkan dengan susu sapi.

Mineral-mineral tersebut memiliki fungsi yang beragam untuk kesehatan tubuh secara umum. Salah satunya adalah menjaga kesehatan dan kepadatan tulang dan gigi, serta mendukung kinerja syaraf dan otot.

Selain itu, mineral-mineral tersebut juga berperan dalam mengaktifkan enzim tubuh.

Berikut adalah rekomendasi susu kambing etawa terbaik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Setelah membaca uraian di atas, Anda mungkin tertarik untuk memasukkan susu kambing dalam menu harian Anda. Sebelumnya, pastikan bahwa Anda memilih produk susu kambing Etawa berkualitas, seperti Supergoat yang telah dicampur dengan gula aren murni.

Tidak hanya menambah rasa gurih dan nikmat pada susu, kadar glikemik gula aren juga lebih rendah daripada gula pasir, sehingga membuat susu kambing Supergoat aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa harus memilih Supergoat dibandingkan merek susu kambing etawa lainnya.

Pertama-tama, Supergoat telah mendapatkan sertifikasi BPOM sehingga kualitasnya terjamin dan aman untuk dikonsumsi. Selain itu, susu kambing Supergoat juga telah mendapatkan sertifikasi halal MUI, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang status kehalalannya.

Lokasi Beli Susu Kambing Etawa Supergoat

Sebagai produsen Supergoat, Etta Indonesia telah memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun dalam mengolah produk susu kambing berkualitas.

Supergoat diproduksi secara 100% menggunakan bahan alami, sehingga memberikan banyak manfaat yang dirasakan oleh konsumen. Untuk informasi lebih lanjut, dapat dilihat di

https://goo.gl/maps/ywHJVxRNFPgwGfeaA.

Manfaat dan khasiat Susu Kambing Etawa Supergoat

  • Menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes
  • Membantu meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh
  • Menunjang proses detoksifikasi tubuh
  • Menstabilkan kadar kolesterol dalam darah
  • menjaga kesehatan jantung serta pembuluh darah
  • Melancarkan sistem pencernakan
  • Meningkatkan kecerdasaran otak anak
  • Mendukung pertumbuhan tulang dan gigi pada anak
  • Baik dikonsumsi baik oleh bumil dan busui
  • Membantu meningkatkan vitalitas
  • Menunjang promil

Susu kambing merupakan salah satu jenis superfood yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan baik.

Selain kandungan gizinya lebih tinggi dibandingkan susu sapi, risiko alergi termasuk intoleransi laktosa pada susu kambing juga lebih rendah.

Oleh karena itu, dengan mempertimbangkan perbandingan susu kambing dan susu sapi, tidak ada lagi keraguan untuk mencoba mengonsumsi susu kambing, bukan?

Bagaimana Menjadi Mitra Jual Susu Kambing Etawa Supergoat

susu kambing etawa supergoat platinum dengan gula stevia

Selain dapat menikmati kelezatan dan manfaat Supergoat, Anda juga berkesempatan untuk menghasilkan uang dari Supergoat. Bagaimana caranya?

Anda bisa menjadi mitra Supergoat sebagai Reseller, Agen, atau Stokis. Jangan khawatir, Anda bisa berkonsultasi dan bertanya langsung dengan Customer Service kami untuk informasi lebih lanjut. +62 811-6067-484

Leave a Comment