13 Langkah Mengoptimalkan Marketplace untuk Bisnis Reseller agar Laris

Memanfaatkan marketplace untuk bisnis reseller sangat menguntungkan, khususnya untuk yang baru memulai bisnis online.

Dengan mulai membuka toko online di marketplace, Anda bisa mendapatkan keuntungan:

  1. gratis tanpa biaya hosting dan domain;
  2. trafik pengunjung sudah ada, tinggal mengarahkan ke toko Anda;
  3. sistem POS (Point of Sales) sudah terintegrasi dengan sistem pembayaran dan jasa pengiriman; 
  4. calon pelanggan lebih percaya karena menggunakan rekber (rekening bersama); serta
  5. mendapatkan support dari marketplace seperti subsidi ongkir, dan sebagainya.

Akan tetapi, tak ada yang menyangkal bahwa tingkat kompetisi di marketplace sangat tinggi, terutama masalah persaingan harga.

Untuk itu, Anda dapat menjalankan 10 langkah mengoptimalkan marketplace untuk bisnis reseller agar penjualan meningkat dan laris manis. 

Temukan Supplier Bisnis Reseller yang Fair

Maksud fair di sini terutama berhubungan dengan kestabilan harga.

Anda akui atau tidak, faktanya terkadang ada supplier yang menjual dengan harga setara dengan pembelian Anda sebagai reseller.

Artinya, Anda akan kesulitan untuk mengambil margin keuntungan.

Karena itu, mau tidak mau Anda harus menemukan supplier bisnis reseller yang fair, seperti halnya Super Goat.

Minimalnya, supplier tersebut memenuhi 2 syarat berikut.

  1. tidak menjual langsung ke pasar pada harga yang sama dengan harga penjualan ke reseller; dan
  2. menetapkan harga eceran yang baku untuk semua reseller.

Dengan begini, Anda tak perlu bersaing dengan supplier atau reseller lain.

Verifikasi Toko Online Anda

Biasanya, marketplace akan meminta Anda mengirimkan foto KTP serta foto selfie dengan kartu identitas tersebut.

Syarat ini biasanya perlu agar status toko Anda menjadi verified

Semua marketplace dari Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan sebagainya menggunakan prosedur yang sama untuk verifikasi. Jadi, Anda sebaiknya menyiapkan KTP dan meminta bantuan orang lain untuk memfoto agar hasil fotonya jelas.

Sebagai info, pada beberapa marketplace, 1 identitas bisa digunakan untuk membuat lebih dari 1 toko. Maksimal 3 atau 5 toko.

Daftarkan Pada Program Support

Maksudnya adalah program dukungan dari marketplace untuk para seller-nya. Contohnya seperti program gratis ongkir dari Tokopedia, Shopee, Lazada, dan sebagainya.

Anda tinggal mengecek program support apa yang marketplace tersebut adakan. Tenang saja, untuk program support ini biasanya marketplace tidak mengambil biaya.

Dengan mengaktifkan support tersebut, toko Anda akan lebih cepat dan mudah mendapatkan pelanggan.

Sedia Stok Mandiri

Memiliki stok mandiri di rumah memberikan Anda beberapa keuntungan:

  1. respon ke penjual lebih cepat;
  2. barang lebih cepat dikirim;
  3. penjual lebih puas dan memberikan respon positif.

Karena reputasi punya efek besar dalam meningkatkan kepercayaan pelanggan, maka toko Anda bisa lebih laku dari sebelumnya.

Foto Sendiri Produk Reseller yang Anda Jual

Hampir pasti bahwa di marketplace selalu ada toko yang menjual produk yang sama. Lalu, bagaimana supaya pembeli lebih melirik toko Anda?

Salah satu cara yang paling jitu adalah dengan menggunakan foto produk yang berbeda, hasil dari foto yang Anda ambil sendiri.

Dengan demikian, toko Anda akan tampak unik dan dikelola secara profesional. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan dan meyakinkan mereka untuk bertransaksi dengan Anda.

Edit Foto Produk Agar Tampil Beda

Solusi lain agar foto produk Anda tampil beda adalah dengan melakukan sedikit editing. Tak perlu yang canggih, Anda bisa menggunakan aplikasi editing gambar yang ada di smartphone. 

Editingnya pun tak perlu menambahkan efek yang hebat. Cukup dengan menambahkan bingkai serta nama toko Anda sudah membuat tampilan foto produk Anda lebih istimewa.

Kalau mau, Anda dapat menambahkan penawaran promo atau bonus di foto tersebut (jika ada). Ini sekaligus dapat menjadi faktor yang menarik minat calon pembeli.

Sisipkan Video Singkat

Saat ini, marketplace sudah memfasilitasi untuk menampilkan video singkat pada bagian produk tersebut. Anda perlu memanfaatkannya dengan menampilkan video tutorial, sudut pandang 3600 dari produk, dan sebagainya.
Apa fungsinya menambahkan video singkat?

Manfaatnya, Anda bisa:

  1. meyakinkan pelanggan bahwa Anda benar-benar punya stok produk;
  2. memberi petunjuk penyiapan dan penggunaan produk.

Tak perlu panjang, 5-15 detik sudah cukup. Yang penting video tersebut dapat menyampaikan pesan yang Anda inginkan. 

Optimasi Judul untuk Pencarian Marketplace

Marketplace biasanya memberikan jatah karakter sebanyak 60-70 untuk judul produk. Anda perlu memanfaatkan secara optimal jatah karakter tersebut.

Caranya, Anda perlu memasukkan semua kata yang mungkin dicari dan berhubungan dengan produk Anda.

Misalnya, daripada hanya menuliskan “Susu Kambing Super Goat”, Anda bisa menambahkan sedikit lebih panjang. Seperti “Susu Kambing Etawa Bubuk Super Goat Minuman Suplemen Kesehatan”.

Dengan demikian, jika ada yang mencari “susu kambing”, “susu kambing etawa bubuk”, “minuman kesehatan”, atau “suplemen minuman”, produk Anda bisa tetap muncul.

Optimasi Deskripsi Produk

Jangan malas untuk menulis deskripsi produk yang panjang. Menulis deskripsi produk hanya sekali, tapi manfaatnya akan Anda rasakan terus-menerus selama produk tersebut masih tampil di marketplace.

Apa saja yang bisa Anda tulis di deskripsi produk?

  1. Manfaat,
  2. Proses pembuatan,
  3. Kandungan nutrisi,
  4. Cara penggunaan,
  5. Prosedur pemesanan dan pengiriman, dan
  6. Tipe packaging dan jumlah isi yang pembeli dapatkan.

Anda tak harus menuliskan semuanya, tapi setidaknya deskripsi produk Anda bertuliskan lebih dari 300 kata.

Kenapa? Karena calon pembeli biasanya lebih percaya pada toko yang menuliskan deskripsi panjang dan lengkap, daripada hanya bertuliskan “isi” saja.

Lakukan Self Order untuk Pecah Telor

Biasanya, “pecah telor” di marketplace cukup sulit mengingat banyak kompetitor yang menjual produk yang sama. Jika sebelumnya tidak ada pelanggan yang membeli di toko Anda, maka sulit bagi calon pelanggan lain untuk percaya.

Karena itu, Anda bisa mengatasinya dengan melakukan self order atau pembelian sendiri. Caranya, Anda meminta pasangan, saudara, atau keluarga melakukan pembelian ke toko Anda di marketplace.

Cara lain, Anda bisa mengalihkan order dari luar marketplace (contoh: dari WA atau medsos) menjadi via marketplace.

Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan rating dan review yang membuat calon pelanggan lain lebih percaya.

Aktifkan Fitur COD (Cash on Delivery)

“Cash on Delivery” atau “Bayar di Tempat saat Sampai” adalah fitur yang sangat disukai pembeli. Bahkan, penggunaan metode COD mencapai 83,73% dari semua metode pembayaran.. 

Karena itu, Anda harus sesegera mungkin mengaktifkan fitur ini.

Namun, biasanya marketplace memberikan syarat penjualan minimal sebelum Anda dapat mengaktifkan fitur tersebut. Maka dari itu, sebisa mungkin Anda harus mencapai target penjualan sesuai syarat dari marketplace.

Menjalankan Program Iklan di Marketplace

Marketplace biasanya memiliki program iklan yang memungkinkan produk penjualnya tampil di daftar hasil pencarian pelanggan. Nah, Anda bisa mendaftar untuk mengikuti program iklan tersebut.

Program iklan ini akan lebih efektif jika Anda mendaftarkan produk yang:

  1. sudah memiliki rating dan review bagus sebelumnya; serta
  2. memiliki variasi harga termurah (contoh: paket 1 sachet atau 1 box).

Cara ini dapat meningkatkan trafik dengan cepat ke toko Anda. Selanjutnya, jika Anda telah menerapkan teknik optimasi sebelumnya, maka potensi laku akan sangat tinggi.

Ikuti Program Promo dari Marketplace

Setiap tanggal dan bulan jatuh pada angka yang sama, biasanya marketplace suka mengadakan program promo. Bisa dalam bentuk flash sale maupun promo lainnya.

Anda dapat mendaftarkan toko bisnis reseller Anda untuk mengikuti program promo tersebut. Yang penting, Anda perlu memperhatikan apa saja syarat dan ketentuannya.

Event lain seperti Ramadhan, Lebaran, dan Tahun Baru juga bisa Anda manfaatkan untuk memberikan promo.

Tanya Jawab tentang Optimasi Marketplace untuk Bisnis Reseller

Apakah Jualan di Marketplace Berbayar?

Anda tidak perlu membayar untuk memulai berjualan di marketplace. Tapi, biasanya marketplace memotong biaya administrasi sekitar 1% dari nilai transaksi penjualan Anda.

Jualan apa yang laku di marketplace?

Elektronik, fashion wanita dan anak, fashion muslim, make up & skin care, serta makanan dan minuman instan adalah produk yang laku dan laris di marketplace.

Bagaimana cara meningkatkan penjualan di marketplace?

Terapkan langkah optimasi marketplace untuk bisnis yang telah diuraikan di atas untuk meningkatkan penjualan toko Anda. Entah itu di Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, dan lain-lain, semua memiliki pola yang serupa.

Penutup

Demikian cara mengoptimalkan marketplace untuk bisnis reseller Anda. Dengan mengikuti 13 langkah tersebut, meningkatkan penjualan bagi toko Anda akan sangat mudah.

Namun, Anda tetap tidak boleh melupakan pelayanan dan kualitas produk. Karena walau bagaimanapun, 2 hal itu adalah tulang punggung bisnis apapun dan di manapun.

 

Baca Juga : 35 Aktivitas Fisik Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Leave a Comment

WeCreativez WhatsApp Support
Salsa Winarno
Selamat datang, admin Salsa siap membantu 😊