Yuk! Kenali 7 Waktu Terbaik Minum Air Putih

Kita semua mungkin sadar pentingnya menjaga kebutuhan cairan harian dengan minum air putih. Namun, kira-kira kapan waktu yang tepat? Yuk! Kenali 7 Waktu Terbaik Minum Air Putih.


Supergoat Indonesia


Kita semua mungkin sadar pentingnya menjaga kebutuhan cairan harian dengan minum air putih. Namun, kira-kira kapan waktu yang tepat? Yuk! Kenali 7 Waktu Terbaik Minum Air Putih.

Pastinya kita menyadari bahwa setiap hari setidaknya kita harus minum air putih setidaknya 8 gelas per hari bukan?

Nah, kenyataanya tidak banyak yang tahu kapan waktu yang tepat untuk minum air putih. Apakah pagi, siang atau malam?

7 Waktu Terbaik Minum Air Putih.

Mengapa harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk minum air putih?

Selain hanya untuk sekedar melepas dahaga, mengetahui kapan waktu yang tepat adalah agar dampaknya bisa lebih maksimal bagi tubuh.

Berikut kami rangkum 7 Waktu Terbaik Minum Air Putih :

Pagi hari setelah bangun tidur satu atau dua gelas

Kondisi ketika bangun tidur tubuh akan banyak mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi.

Dalam kondisi ini hendaknya kita segera ambil satu hingga dua gelas air putih dan meminumnya.

Minum air ketika bangun tidur terlebih ketika perut masih kosong memiliki sejumlah manfaat yag dapat anda rasakan.

Minum air putih dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh sebanyak -+24% pada pagi hari. Hal ini akan membantu tubuh untuk mendetox racun lebih mudah.

Selain itu, ketika Anda sedang tidur maka produksi asam lambung pun akan meningkat. Minum air pada pagi hari dapat membantu menurunkan asam lambung anda dan membuat perut menjadi lebih nyaman.

Satu gelas sebelum sarapan pagi, siang dan malam

Minum air paling tidak 30 menit sebelum memulai sarapan, makan siang atau makan malam.

Ternyata kinerja pencernaan akan melemah ketika makan dibarengi dengan aktivitas minum. Anda bisa minum 30 menit sebelum dan sesudah makan.

Minum air sebelum makan akan membuat anda dapat mengontrol rasa kenyang sebelum makan dan dapat mengendalikan porsi makan Anda.

Jurnal Clinical Nutrition Research tahun 2018 membuktikan bahwa partisipan bukan obesitas yang meminum air berdampak pada makan yang lebih sedikit dan merasa sama kenyangnya dengan peserta yang tidak minum sebelum makan.

Anda pun juga perlu mengontrol porsi minum air dalam sekali waktu, terlalu banyak air juga dapat berdampak buruk bagi pencernaan.

Sebelum tidur

Minum air sebelum tidur dapat menjaga agar cairan tubuh tetap tercukupi selama waktu tidur.

Selain itu juga membantu pemulihan pada tubuh setelah melakukan aktivitas seharian. Pilihlah air hangat karena dapat membantu untuk mendetox racun yang tidak diinginkan dalam tubuh.

Saat berolahraga

waktu terbaik minum air putih

Saat berolahraga tubuh akan kehilangan banyak cairan. Minumlah air putih saat berolahraga untuk menghindari dehidrasi.

Selain itu hendaknya Anda minum air sebelum, saat dan sesudah berolahraga untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi cairan yang cukup.

Menjaga asupan cairan saat berolahraga dapat menjaga suhu tubuh dan kinerja tubuh agar tetap optimal.

Waktu terbaik minum air putihSaat kelelahan

waktu terbaik minum air putih

Kondisi kelelahan akibat padatnya aktivitas sehari-hari serta tidak dibarengi dengan asupan cairan yang cukup, maka ada kemungkinan Anda akan merasakan lebih lelah dan lemah daripada biasanya.

Pada tubuh manusia sekitar 50% – 60% dari berat badan berasal dari air. Kadar air akan berkurang melalui urine, keringan serta pernapasan.

Gejala seperti sulit untuk fokus, tidak bisa tidur, stres dan marah merupakan beberapa tanda Anda mengalami dehidrasi atau kurang cairan.

Segera minum air apabila tubuh Anda mulai lelah untuk mengganti cairan yang hilang.

Saat sakit

waktu terbaik minum air putih

Kondisi tubuh saat sakit memerlukan air lebih banyak dari kondisi tubuh saat sehat. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta terhindar dari dehidrasi akut.

Saat sakit tubuh akan banyak mengeluarkan keringat, muntah-muntah hingga keseringan BAB, dampaknya cairan tubuh akan mudah sekali berkurang.

Anda harus pastikan cukup minum banyak air ketika kondisi sedang sakit agar tidak semakin bertambah dan bisa segera pulih.

Waktu terbaik minum air putih Sebelum mandi

waktu terbaik minum air putih

Terakhir adalah konsumsi air putih sebelum mandi. Mengapa demikian?

Segarnya minum air putih serta dipadukan dengan hangatnya air ketika mandi dipercaya dapat menurunkan kandungan natrium didalam tubuh sehingga dapat menurunkan tekanan darah.


Sign Up

For More Awesome Content!