Kenali 15 Ciri-ciri Penyakit Diabetes yang Sudah Parah

Diabetes, sebuah penyakit yang memengaruhi jutaan orang di seluruh dunia, seringkali terabaikan hingga mencapai tingkat keparahan yang mengkhawatirkan. Gejalanya bisa beragam, dan seringkali sulit untuk diidentifikasi pada tahap awal. Namun, mengenali tanda-tanda penyakit diabetes yang sudah parah adalah langkah awal yang krusial untuk mengambil tindakan yang tepat guna mengelola kondisi ini.

Dalam artikel ini, kita akan membahas 15 ciri-ciri penyakit diabetes yang sudah parah, serta langkah-langkah yang dapat diambil untuk menghadapinya.

Baca Juga : Ciri-ciri Asam Lambung yang Parah

Ciri-ciri Penyakit Diabetes yang Sudah Parah

  1. Gula Darah yang Tidak Terkendali: Salah satu tanda paling jelas dari diabetes yang sudah parah adalah tingkat gula darah yang terus menerus tinggi, bahkan setelah melakukan pengaturan diet dan pengobatan.
  2. Penurunan Berat Badan yang Tidak Wajar: Kehilangan berat badan yang signifikan tanpa alasan yang jelas dapat menjadi indikator penyakit diabetes yang sudah parah.
  3. Luka yang Sulit Sembuh: Diabetes dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk menyembuhkan luka dengan cepat. Jika luka-luka tersebut tidak sembuh dengan baik, ini bisa menjadi tanda diabetes yang sudah parah.
  4. Infeksi Kulit yang Sering Kambuh: Infeksi kulit yang terus menerus atau sering kambuh bisa menjadi indikasi komplikasi diabetes yang parah.
  5. Masalah Penglihatan yang Serius: Diabetes yang tidak terkontrol dapat merusak pembuluh darah di mata, menyebabkan masalah penglihatan yang serius bahkan kebutaan.
  6. Nyeri Kaki dan Kesemutan yang Terus-menerus: Neuropati diabetik, atau kerusakan saraf, dapat menyebabkan rasa nyeri atau kesemutan yang terus menerus pada kaki.
  7. Sering Buang Air Kecil: Jika seseorang mengalami keinginan untuk buang air kecil yang sangat sering, bahkan saat malam hari, ini bisa menjadi tanda diabetes yang sudah parah.
  8. Gangguan Sistem Pencernaan: Masalah pencernaan seperti mual, muntah, atau diare yang terus-menerus dapat menjadi tanda dari komplikasi diabetes yang parah.
  9. Mati Rasa dan Kebas pada Tangan dan Kaki: Neuropati diabetik juga dapat menyebabkan mati rasa atau kebas pada tangan dan kaki.
  10. Kulit Kering dan Gatal: Kadar gula darah yang tinggi dapat mengurangi kadar air dalam tubuh, menyebabkan kulit menjadi kering dan gatal.
  11. Gusi yang Terinfeksi dan Perdarahan: Diabetes yang tidak terkontrol dapat meningkatkan risiko infeksi gusi dan perdarahan pada gusi.
  12. Ketidaknyamanan pada Perut: Masalah seperti perut kembung, mual, atau nyeri perut yang sering muncul dapat menjadi tanda diabetes yang sudah parah.
  13. Masalah Disfungsi Seksual: Pria dengan diabetes yang tidak terkontrol mungkin mengalami disfungsi ereksi, sedangkan wanita dapat mengalami masalah libido atau kekeringan vagina.
  14. Munculnya Ketosis: Ketosis adalah kondisi di mana tubuh mulai membakar lemak sebagai sumber energi karena tidak cukup insulin untuk memproses gula darah. Ini bisa menjadi tanda diabetes yang sudah parah.
  15. Koma Diabetik: Kondisi yang sangat parah yang tidak terkontrol, di mana seseorang jatuh ke dalam koma akibat kadar gula darah yang sangat tinggi.
Baca Juga : 17+ Tanda-Tanda Diabetes Semakin Parah, Waspada Jantungan!

Tindakan yang Dapat Diambil

  1. Konsultasikan dengan Dokter: Jika Anda mengalami beberapa atau semua gejala yang disebutkan di atas, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter sesegera mungkin.
  2. Pantau Gula Darah: Penting untuk teratur memantau kadar gula darah Anda dan mematuhi pengobatan yang diresepkan oleh dokter.
  3. Perubahan Gaya Hidup: Mengadopsi pola makan sehat, berolahraga secara teratur, dan mengelola stres dapat membantu mengontrol diabetes.
  4. Obat-obatan: Dokter mungkin meresepkan obat-obatan untuk membantu mengontrol kadar gula darah Anda.
  5. Pemeriksaan Rutin: Rutin menjalani pemeriksaan medis dan tes darah dapat membantu mendeteksi dan mengelola diabetes dengan lebih baik.

Kesimpulan

Mengenali ciri-ciri penyakit diabetes yang sudah parah adalah langkah awal yang penting dalam mengelola kondisi ini dengan efektif.

Dengan memperhatikan gejala-gejala yang disebutkan di atas dan mengambil tindakan yang sesuai, Anda dapat meningkatkan kualitas hidup Anda dan mengurangi risiko komplikasi yang serius dari diabetes.

Baca Juga : 9 Tanda Kalau Kamu Kelebihan Gula Darah

Ingatlah untuk selalu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan dan saran yang sesuai dengan kondisi Anda.