15 Channel Marketing Terbaik 2021 untuk Mendatangkan Pelanggan

Sebagai seorang reseller, sangat penting memiliki channel traffic untuk mengumpulkan calon pelanggan.

Ibarat ikan, Anda akan lebih mudah memancing di kolam tempat ikan berkumpul daripada di lautan luas.

Manfaat memiliki “kolam prospek”, Anda dapat:

  1. melakukan promosi sekaligus ke ratusan atau ribuan target dengan 1 tindakan;
  2. membangkitkan hasrat membeli dari pelanggan secara mudah dengan bandwagon effect (kecenderungan orang mengikuti keramaian);
  3. mendapatkan harga yang tinggi karena pelanggan akan saling berkompetisi; dan
  4. menghemat waktu serta biaya promosi jangka panjang.

Nah, berikut ini adalah 13 channel marketing terbaik untuk mendapatkan trafik dari calon pelanggan.

Simak sampai akhir agar Anda dapat membangun kolam prospek untuk melariskan bisnis reseller Anda.

Akun Facebook Personal

Akun pribadi Facebook Anda adalah alat marketing terbaik untuk membangun personal branding dan memasarkan bisnis reseller Anda.

Targetnya terutama orang-orang yang telah Anda kenal secara pribadi.

Karena sudah mengenal secara pribadi, tingkat trust biasanya sangat tinggi.

Caranya, cukup secara rutin memposting kegiatan, proses, dan hasil terkait bisnis reseller Anda.

channel marketing facebook organik

Selanjutnya, tinggal tunggu waktu orang lain tertarik dengan apa yang Anda tawarkan.

Facebook Marketplace

Facebook marketplace dapat menjadi channel penjualan yang sangat efektif.

Menurut data Bigcommerce, ada lebih dari 800 juta pengguna yang mencari, menjual, atau membeli via marketplace Facebook ini.

Meski data di Indonesia tidak terdokumentasi dengan baik, banyak pengguna facebook yang juga menggunakan fitur ini.

channel penjualan facebook marketplace

Apalagi dengan populernya fitur pembayaran COD. Hasilnya, orang semakin percaya untuk bertransaksi lewat sosial media.

Facebook Fan Page

Sebelumnya Facebook menyematkan fitur pilihan shop section pada Fan Page. Saat ini, Anda sudah dapat membuat Facebook Shop secara langsung dengan fitur canggih dan gratis.

Fanpage lebih powerful daripada akun facebook personal karena dapat menjangkau lebih luas dan lebih banyak calon pelanggan.

channel branding facebook fanpage

Namun, karena ini media sosial, Anda sebaiknya tetap menggunakan prinsip interaksi sosial dan tidak sekadar menawarkan produk.

Contohnya, dengan berbagi resep, cara pakai, benefit, dan lain-lain yang dapat membantu kualitas hidup prospek Anda.

Facebook Group

Grup Facebook sangat luar biasa untuk menjadi kolam prospek.

Karena, alur informasi di sini berjalan multi arah sehingga tingkat engagement antar pengguna di dalamnya sangat tinggi.

Namun, Anda sebaiknya tidak menggunakan teknik hard selling di sini. Karena itu akan seperti spam dan merusak pengalaman pengguna.

Jika Anda ingin membuat Facebook Group yang berhubungan dengan bisnis reseller Anda, sebaiknya fokus ke manfaat bagi pengguna.

Contohnya grup:

  1. Diet Sehat Alami Bahagia
  2. Sehat Ala Rasulullah
  3. Forum Ibu Hamil Saling Berbagi

 dan sebagainya.

channel CRM (customer relationship management) facebook group

Dengan begini, Anda dapat melakukan targeting dengan lebih spesifik sekaligus melakukan soft selling.

Akun Instagram Business

Instagram masih menjadi salah satu marketing channel terbaik untuk branding dan penjualan.

Menurut data Lyfe Marketing, sekitar 30% pengguna instagram terbiasa bertransaksi via aplikasi langsung.

Sama seperti media sosial Facebook, instagram juga mengandalkan content marketing yang berkualitas untuk mendulang engagement.

branding Instagram

Karena itu, Anda perlu membuat feed, story, maupun life event secara rutin.

Tentu saja, konten Anda harus memiliki nilai manfaat bagi pengguna, bahkan walau hanya sekadar membuat tertawa.

Tiktok

Banyak pebisnis yang mulai melirik Tiktok sebagai sumber trafik untuk mendatangkan pelanggan.
Keuntungan dari menggunakan Tiktok adalah Anda tidak butuh banyak upaya optimasi, kecuali membuat konten paling menarik.

Penyebabnya, algoritma Tiktok sudah mengatur supaya setiap konten buatan pengguna pasti mendapatkan view yang tinggi.

Agar lebih optimal, Anda dapat mengarahkan trafik dari Tiktok ke akun Instagram atau website bisnis reseller Anda.

Youtube

Youtube adalah channel marketing sumber trafik yang wajib Anda miliki sebagai pebisnis reseller.

Sebabnya, konten video akan semakin populer ke depannya.

Bahkan, Youtube merupakan platform yang paling banyak pengguna kunjungi sepanjang tahun 2020-2021, mencapai 94% menurut survei Global Web Index.

Banyak ahli memperkirakan konten video akan menjadi konten paling banyak diakses ke depannya.

Selain itu, isi channel Youtube bisa sangat bervariasi dari proses, tips, panduan, testimoni, talk show, dan banyak lagi.

channel Youtube

Data dari Wyzowl.com, Sebanyak 84% pelanggan menyatakan menggunakan suatu produk/jasa setelah menonton video tentang produk/jasa tersebut.

Blog (SEO)

Blog adalah channel marketing pelengkap yang paling cocok untuk Youtube dan media sosial lainnya.

Memang, agar bisa efektif menggunakan blog untuk mendatangkan pelanggan, mungkin butuh upaya lebih.

Terutama karena ada begitu banyak website, sehingga Anda perlu mengoptimasi blog Anda agar tampil paling depan di mesin pencari (SEO).

Namun, blog dapat melengkapi sosial media sebagai sumber yang lebih trustable.

Biasanya, calon pelanggan mendapat info di sosial media atau Youtube, lalu mencari info lebih lanjut lewat mesin pencari. Di sinilah blog Anda berperan.

channel edukasi blog

Anda dapat menggunakan layanan blog gratis di internet seperti blogspot, wordpress, medium, atau kompasiana.

Atau, bisa juga membuat blog dengan domain dan hosting sendiri menggunakan CMS WordPress agar branding Anda lebih kuat.

Google My Business

Google Business adalah salah satu channel marketing terbaik bagi pemilik toko dan bisnis lokal.

Hal ini karena Google Business sudah terintegrasi dengan Google Maps dan memiliki fitur reviews, deskripsi, dan redirect ke website.

channel branding dan marketing Google Business

Maka dari itu, jika Anda punya toko fisik, channel ini bisa menjadi pengungkit yang sangat powerful untuk bisnis Anda.

WhatsApp Group

WhatsApp masih menjadi aplikasi perpesanan instan yang paling banyak orang Indonesia gunakan.

Selain itu, tingkat engagement rate lewat WA masih sangat tinggi. Karena itu, Anda bisa memanfaatkan potensi ini untuk mengembangkan bisnis reseller.

Sebelumnya, Anda harus memberikan leads generator yang menarik, seperti giveaway, kuis, kupon diskon, report ebook, dan semacamnya.

Tujuannya agar calon pelanggan bersedia Anda masukkan ke dalam group WA.

Namun, mempertahankan orang tetap berada di grup WhatsApp mungkin cukup menantang. 

Terutama karena terlalu banyak grup kadang bisa menyebabkan pesan Anda terlewatkan.

Solusinya, Anda bisa menggunakan software WA blast untuk mengirimkan pesan WA ke banyak nomor sekaligus untuk promosi.

Tapi ingat, jangan terlalu sering atau calon pelanggan Anda justru merasa terganggu dan memblokir nomor Anda.

Telegram Channel

Channel Telegram dapat menjadi alternatif yang oke bagi WA group.

Sebabnya karena Telegram menyimpan pesan di server sehingga tidak terlalu memberatkan HP pelanggan.

Selain itu, pesan di Telegram bisa tetap bertahan tanpa terhapus, sehingga sangat bermanfaat jika ada promo panjang.

Sayangnya, jumlah pengguna telegram di Indonesia masih kalah jauh daripada WA. 

Selain itu, channel Telegram juga berlangsung 1 arah sehingga kurang membangkitkan engagement.

Solusinya, Anda dapat menggunakan Telegram group.

Tapi, tentu saja Anda tetap perlu menyiapkan leads magsebagai pancingan untuk pelanggan Anda.

Marketplace E-commerce

Marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, atau Lazada bisa menjadi channel penjualan yang patut Anda perhitungkan.

penjualan marketplace

Sebabnya karena Anda bisa mendapatkan benefit dari trafik yang sudah mereka miliki.

Namun, Anda tidak dapat mengelola data secara bebas seperti mengirim banyak email atau pesan sekaligus.

Meski begitu, potensi penjualan lewat marketplace e-commerce untuk bisnis reseller Anda masih sangat besar.

Jadi, Anda tetap perlu membuat toko di marketplace tersebut.

Email Marketing

Bisa jadi Anda jarang buka email, tapi jangan anggap remeh fungsinya sebagai penarik traffic.

Email masih menjadi salah satu channel marketing dengan ROI (Return of Investment) mencapai 250%.

Apalagi, orang cenderung lebih rela memberikan alamat email daripada nomor WA atau Telegramnya.

Selain itu, berdasarkan pengalaman pribadi, tingkat unsubscribe email cenderung lebih kecil dari tingkat keluarnya orang dari WA group.

Jika Anda mampu memanfaatkan channel email marketing dengan optimal, Anda bisa melihat kenaikan transaksi yang sangat signifikan.

Twitter

Twitter masih sangat potensial untuk menjadi sumber trafik yang besar.

Sebabnya, karena kemudahan sebuah tweet untuk viral dan dibaca oleh banyak orang.

Twitter

Pengguna Twitter biasanya suka membaca threads yang bersambungan. 

Anda bisa memanfaatkannya dengan membuat threads berisi tutorial, pengalaman, resep, atau informasi lain yang menarik.

Selain itu, Twitter juga membuat penggunanya mudah untuk menyisipkan link, gambar, video pendek, dan lainnya yang mendukung twit tersebut.

Akibatnya, Anda bisa lebih mudah mengarahkan trafik dan melakukan branding dengan konten lama dan tidak harus membuat yang baru.

Lebih lagi, banyak juga akun instagram atau grup FB yang membuat konten dari hasil screenshot threads viral di Twitter.

Yang berarti, potensi reach Anda bisa jadi lebih besar dari perkiraan, tidak hanya dari Twitter saja.

Pixel Ads

Pixel ads, baik dari Facebook Ads maupun Google Ads, bisa masuk dalam kategori channel.

Karena data yang Anda dapatkan dari pixel tersebut sangat spesifik sesuai dengan target pemasaran Anda.

Calon pelanggan yang sudah terpantau oleh pixel Anda berarti potensial untuk menjadi pelanggan yang membayar.

Namun, jelas untuk ini Anda perlu mengaktifkan FB ads dan Google ads Anda.

Yang berarti, Anda perlu membayar untuk iklan dan memahami cara pemasangan serta membaca hasil iklan.

Penutup

Menggunakan semua channel (omnichannel) akan memberikan hasil terbaik bagi pemasaran bisnis reseller Anda.

Namun, jika merasa hal tersebut terlalu membebani, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan 1 channel terlebih dahulu

Untuk awal, Anda dapat berfokus pada Youtube dan media sosial sebagai prioritas.

Selanjutnya, Anda bisa mengembangkannya lagi ke channel marketing lainnya.

Nah. channel marketing apa saja yang sudah Anda punya? Sudah punya produk yang mau dijual?

Jika belum, Anda dapat mendaftar sebagai distributor atau reseller Supergoat. Susu kambing Etawa bubuk Supergoat sangat diterima di pasar dan punya repeat order yang tinggi.

Klik saja link [Daftar Reseller] di halaman utama website ini. In sya Allah berkah dan bermanfaat.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke media sosial yang Anda punya, ya. Ini bisa juga untuk branding dari bisnis reseller Supergoat Anda.

Leave a Comment

WeCreativez WhatsApp Support
Salsa Winarno
Selamat datang, admin Salsa siap membantu 😊